The Art of Playing Review

Belum lama ini GOG.com yang dikenal sebagai platform yang merilis PC game bebas DRM, merambah pasar baru dengan diresmikannya katalog konten baru yaitu kategori film. Seperti layaknya PC game yang diperjual-belikan, koleksi katalog film yang ada di GOG juga DRM-Free. Rata-rata genre film yang ada di katalog GOG.com dipenuhi dengan film dokumenter yang tentu pangsa pasarnya ngga lain adalah video gamer dan geek. Segala macem film yang berbau video game, teknologi terkini, sampe studio independen (indie) jadi produk-produk unggulan yang ditawarin kategori barunya ini. Dengan peluncuran kategori item baru ini, GOG.com dengan baik hati ngebolehin para user setianya buat icip-icip 2 film dokumenter gratis. Salah satu diantaranya adalah The Art of Playing.

Continue reading

Ludum Dare 30 Postmortem: Graphic Artist Point of View

Hi guys, setelah absen sebentar selama 3 hari karena ikut Ludum Dare 30 Game Jam, gue ingin berbagi sedikit pengalaman tentang gimana rasanya ikut berpartisipasi bikin game dalam ajang video game jam. Sejak tanggal 23-26 Agustus (waktu Indonesia) yang lalu, gue dan rekan satu tim developer, @ibnutri niat buat ikutan ajang Ludum Dare 30 2014. Gue berperan sebagai Graphic Artist dan game designer, sedangkan temen gue sebagai Programmer.

Kami berdua batal mengirim video game kami karena gamenya ngga bisa kelar tepat waktu. Tapi meski begitu ada beberapa hal yang kami dapet sebagai salah satu pengalaman seru ikutan jam video game jam. Dan gue ingin sedikit berbagai tentang pengalaman ber-Ludum Dare kami dari sudut pandang gue sebagai Graphic Artist.

Continue reading

Entwined Review

Ide inspirasi tema cerita video game bisa dari mana aja. Bisa dari realita hidup, sampe mitos sekalipun. Seperti salah satu game indie karya developer Pixelopus yang gamenya pertama kali dikenalin di ajang E3 2014 lalu untuk PS4. Beberapa waktu lalu Entwined juga sudah bisa dibeli untuk platform PS3 & PSVita.

Seberapa menariknya game ini bakal gue kupas tuntas dalam artikel Entwined Review kali ini. Jangan khawatir buat lo yang anti spoiler karena bisa dibilang hampir ngga ada spoiler sama sekali karena game Entwined lebih banyak fokus di gameplay.

Continue reading

PS3 Tutorial: Remote Play via PC

Dulu gue udah pernah kasih tips gimana caranya lo biar kenal lebih deket dengan konsol PlayStation 3 lo di rumah dengan memahami fitur-fitur keren apa aja yang doi bisa kerjakan. Di antara sekian banyak fitur, ada beberapa fitur canggih yang paling keren dan praktis seperti streaming media dan remote play. Di artikel PS3 Tutorial kali ini, gue ngga bakal ngebahas soal gimana caranya lo streaming media via fitur media server PS3, ataupun streaming game dengan cara konvensional seperti beli perangkat streaming device buat streaming game PS3 yang harganya lumayan menguras kantong.

Continue reading

すかSUKI – An Indonesian Portal for Japanese

Ngga sulit buat membangun kepercayaan dengan orang yang baru kita temui, terlebih kalo keduanya sama-sama punya pikiran yang terbuka dan ngga gampang berprasangka buruk sama orang asing yang baru dia temui. Ngga kerasa udah sebulan lamanya semenjak gue ditawarin buat ngerjain proyek bareng seorang temen baru dari Jepang.

Berhubung tanggal 7 Juni 2014 kemarin websitenya resmi diluncurin, ngga ada salahnya gue share sedikit garis besar proyek ini.

Continue reading